Benar kah ada disebut MUHAMMAD dalam ALKITAB?

Posted on Tuesday, December 9, 2008 by Melica Shandra Ferra

Salam semuanya..

~Mengupas kebenaran tentang pernyataan MUHAMMAD dalam KITAB KIDUNG AGUNG. menurut penganut islam di dalam ALKITAB ada disebut tentang Muhammad..dan mereka katakan itu didapati dalam KIDUNG AGUNG 5:16
5:16Kata-katanya manis semata-mata, segala sesuatu padanya menarik. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem.

~Sekarang ayuh kita lihat apa makna Tulisan KIDUNG AGUNG itu

Penulis          : Salomo
Tema : Kasih dalam Pernikahan
Tanggal Penulisan: + 960 SM

Latar Belakang
Secara harfiah, nama Ibrani kitab ini diterjemahkan
Nyanyian Atas Segala Nyanyian
suatu ungkapan yang berarti
"Nyanyian yang Terbaik"
(sama seperti "Raja atas segala raja"
berarti "Raja yang Maha Besar"); karena itu kitab
ini dianggap sebagai nyanyian pernikahan yang terbaik
yang pernah digubah. Salomo dianggap sebagai
penggubah Kidung Agung ini (Kid 1:1).
(1:1Kidung agung dari Salomo.)

Salomo menjadi penggubah sekitar 1005 nyanyian
(1Raj 4:32Ia menggubah tiga ribu amsal, dan nyanyiannya ada
seribu lima) Di dalam ayat judul namanya disebutkan
(Kid 1:1), dan sebanyak enam kali di
dalam kitab ini (Kid 1:5;1:5Memang hitam aku, tetapi cantik,
hai puteri-puteri Yerusalem,
seperti kemah orang Kedar, seperti tirai-tirai orang Salma.
Kid 3:7,9,11 Lihat, itulah joli Salomo,
dikelilingi oleh enam puluh pahlawan dari

antara pahlawan-pahlawan Israel,
~ Raja Salomo membuat bagi, dirinya suatu tandu

dari kayu Libanon.puteri-puteri Sion,
~ keluarlah dan tengoklah raja Salomo dengan
mahkota yang
dikenakan kepadanya oleh ibunya pada hari
pernikahannya,pada hari kesukaan hatinya.


; Kid 8:11-12)
8:11Salomo mempunyai kebun anggur di Baal-Hamon. Diserahkannya kebun anggur itu kepada para penjaga, masing-masing memberikan seribu keping perak untuk hasilnya.
8:12Kebun anggurku, yang punyaku sendiri, ada di hadapanku; bagimulah seribu keping itu, raja Salomo, dan dua ratus bagi orang-orang yang menjaga hasilnya
Ia juga dikenal sebagai
mempelai laki-laki ("kekasih"); pada mulanya
kitab ini mungkin merupakan
rangkaian syair di antara Salomo dengan
mempelai perempuannya. Kedelapan
pasal kitab ini menyebut paling sedikit
15 jenis binatang dan 21 jenis
tanaman; kedua kelompok ini diteliti dan disebutkan
oleh Salomo dalam banyak lagu gubahannya
1 Raja 4:33
Ia bersajak tentang pohon-pohonan, dari pohon aras
yang di gunung Libanon sampai kepada hisop
yang tumbuh pada dinding batu; ia berbicara juga
tentang hewan dan tentang burung-burung
dan tentang binatang melata dan
tentang ikan-ikan.

.Akhirnya, berbagai acuan ilmu bumi di
dalam kitab ini menunjuk kepada tempat-tempat
di seluruh Israel, yang menunjukkan bahwa kitab
ini digubah sebelum negeri itu terbelah dua menjadi
kerajaan utara dan selatan.

Rupanya Salomo sudah menggubah kitab ini
pada usia muda sebagai raja Israel,
jauh sebelum ia memiliki 300 istri dan 700 gundik

(1Raj 11:3)
11:3Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum
bangsawan dan tiga ratus gundik;
isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN.;

namun timbul pertanyaan: bagaimana Salomo bisa
memakai bahasa yang menunjukkan monogami
jikalau dia sudah mempunyai 140 istri dan gundik

Kidung 6:8 Permaisuri ada enam puluh,
selir delapan puluh,dan dara-dara tak terbilang
banyaknya. ?

Mungkin jawabannya ialah bahwa gadis Sulam itu

Kid 6:13 Kembalilah,kembalilah, ya gadis Sulam,
kembalilah, kembalilah, supaya kami dapat
melihat engkau! Mengapa kamu senang melihat
gadis Sulam itu seperti
melihat tari-tarian perang?
adalah istri pertama Salomo pada
masa muda sebelum ia naik takhta

Kid 3:11 puteri-puteri
Sion, keluarlah dan tengoklah raja Salomo dengan mahkota
yang dikenakan kepadanya oleh ibunya pada hari
pernikahannya,pada hari kesukaan hatinya.

Kid 6:8 Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh,
dan dara-dara tak terbilang
banyaknya.

mungkin mencerminkan keadaan ketika kitab ini digubah
secara resmi untuk diterbitkan.
Gadis Sulam dilukiskan sebagai gadis biasa dari pedesaan,
menarik dan jelita. Perasan Salomo terpikat secara
mendalam dengan gadis ini sebagaimana biasanya orang
terpikat kepada kekasih dan pengantin pertamanya.

Secara liturgis, Kidung Agung menjadi salah satu
di antara lima gulungan dari bagian ketiga Alkitab Ibrani,
yaitu _Hagiographa_ ("Tulisan-Tulisan Kudus").
Masing-masing tulisan ini dibacakan di hadapan umum
pada hari raya Yahudi tertentu; kitab ini dibacakan
pada hari raya Paskah.

Tujuan
Kitab ini diilhamkan oleh Roh Kudus dan dimasukkan
ke dalam Alkitab untuk menggarisbawahi asal-usul
ilahi dari sukacita dan martabat kasih manusia di
dalam pernikahan. Kitab Kejadian menyatakan
bahwa seksualitas manusia dan pernikahan mendahului
kejatuhan manusia ke dalam dosa

(Kej 2:18-25).
Kejadian 2:18 TUHAN
Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu
seorang diri saja. Aku akan menjadikan
penolong baginya, yang sepadan dengan dia."

Kejadian 2:25Mereka keduanya telanjang,
manusia dan isterinya itu, tetapi
mereka tidak merasa malu.


Walaupun dosa telah menodai bidang pengalaman
manusia yang paling penting
ini, Allah ingin kita tahu bahwa pernikahan
itu bisa murni, sehat, dan
indah. Karena itu Kidung Agung,
memberikan model yang bersifat memperbaiki
di antara dua ekstrem dalam sejarah:

(1) peninggalan kasih pernikahan untuk perilaku
seksual yang tidak wajar (yaitu,hubungan homoseksual
atau lesbian)
dan hubungan heteroseksual sepintas di luar pernikahan,
dan

(2) pertapaan yang sering kali secara keliru
dianggap pandangan Kristen terhadap seks,
yang menyangkal kasih jasmaniah di dalam hubungan
pernikahan.

Survai
Isi kitab ini tidak dapat dianalisis dengan mudah.
Isinya tidak bergerak
secara metodis dan logis dari pasal pertama
hingga terakhir, melainkan melingkar-lingkar
sekitar tema inti yaitu kasih.
Sebagai kidung, kitab ini terdiri
atas enam stanza atau syair, masing-masing membahas
suatu aspek dari perilaku pacaran dan
kasih pernikahan antara Salomo dengan pengantinnya

(Kid 1:2--2:7; Kid 2:8--3:5; Kid 3:6--5:1; Kid 5:2--6:3;
Kid 6:4--8:4;

~1:2--Kiranya ia mencium aku dengan kecupan!
Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur.

~2:7 Kusumpahi
kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang
atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu
membangkitkan dan menggerakkan cinta
sebelum diingininya!

~2:8Dengarlah! Kekasihku! Lihatlah, ia datang,
melompat-lompat di atas gunung-gunung,
meloncat-loncat di atas bukit-bukit.

~3:5Kusumpahi
kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang
atau demi rusa-rusa betina di padang:
jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta
sebelum diingininya!

~3:6Apakah
itu yang membubung dari padang gurun seperti
gumpalan-gumpalan asap tersaput dengan harum mur
dan kemenyan dan bau segala macam serbuk
wangi dari pedagang?

~5:1--Aku
datang ke kebunku, dinda, pengantinku, kukumpulkan
mur dan rempah-rempahku, kumakan sambangku dan
maduku, kuminum anggurku dan susuku.
Makanlah, teman-teman, minumlah, minumlah sampai
mabuk cinta!

~5:2Aku
tidur, tetapi hatiku bangun. Dengarlah,
kekasihku mengetuk. "Bukalah
pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam-idamanku,
karena kepalaku penuh
embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!"


~
~6:3Aku kepunyaan kekasihku, dan kepunyaanku kekasihku, yang menggembalakan domba di tengah-tengah bunga bakung.
~6:4Cantik engkau, manisku, seperti kota Tirza, juita seperti Yerusalem, dahsyat seperti bala tentara dengan panji-panjinya.
~8:4 Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem:
mengapa kamu membangkitkan dan
menggerakkan cinta sebelum diingininya?


Kid 8:5-14*). Keperawanan mempelai wanita dilukiskan
sebagai "kebun tertutup"

(Kid 4:12)
Dinda, pengantinku, kebun tertutup engkau,
kebun tertutup dan mata air termeterai.

dan penyempurnaan pernikahan sebagai memasuki
kebun untuk menikmati
buah-buah pilihan (Kid 4:16; Kid 5:1).

~ 4:16--Bangunlah,
hai angin utara, dan marilah, hai angin selatan,
bertiuplah dalam kebunku, supaya semerbaklah
bau rempah-rempahnya! Semoga kekasihku
datang ke kebunnya dan makan
buah-buahnya yang lezat.

~ 5:1--Aku
datang ke kebunku, dinda, pengantinku,
kukumpulkan mur dan
rempah-rempahku, kumakan sambangku dan maduku,
kuminum anggurku dan susuku.
Makanlah, teman-teman, minumlah,
minumlah sampai mabuk cinta!

Sebagian besar percakapan
adalah di antara mempelai wanita (gadis Sulam),
Salomo sang raja, dan
sekelompok teman dari mempelai laki-laki dan
wanita yang disebut "gadis-gadis Yerusalem".
Ketika kedua mempelai sedang berdua, mereka
terpuaskan; ketika mereka terpisah,
mereka mengalami kerinduan satu sama
lain. Puncak sastra kidung ini adalah Kid 8:6-7.

~
8:6--Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!
8:7Air yang banyak tak dapat memadamkan cinta, sungai-sungai tak dapat menghanyutkannya. Sekalipun orang memberi segala harta benda rumahnya untuk cinta, namun ia pasti akan dihina.


Ciri-ciri Khas
Empat ciri utama menandai kitab ini.

(1) Inilah satu-satunya kitab Alkitab yang
khususnya membahas kasih unik di antara dua
orang mempelai.Seluruh kitab ini melukiskan masa
bercumbu-cumbuan dan kasih pernikahan,
khususnya kebahagiaan orang yang baru menikah.

(2) Kitab ini merupakan karya sastra akbar
yang penuh dengan kiasan sensual yang sopan,
terutama diambil dari alam. Aneka metafora dan
bahasa deskriptif melukiskan perasaan, kuasa,
dan keindahan dari kasih pernikahan yang romantis,
yang dipandang murni dan suci pada zaman Alkitab.

(3) Kitab ini termasuk salah satu dari sejumlah
kecil kitab PL yang tidak
dikutip atau disinggung dalam PB.

(4) Merupakan satu dari dua kitab (bd. kitab Ester)
PL yang tidak secara jelas menyebutkan Allah
(sekalipun beberapa naskah berisi petunjuk
kepada "Tuhan" dalam Kid 8:6).

~ 8:6--Taruhlah
aku seperti meterai pada hatimu,
seperti meterai pada lenganmu, karena
cinta kuat seperti maut, kegairahan
gigih seperti dunia orang mati,
nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Penggenapan Dalam Perjanjian Baru
(1) Kidung Agung melambangkan sebuah tema PB
yang dinyatakan kepada penulis surat Ibrani,
"Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap
perkawinan dan janganlah
kamu mencemarkan tempat tidur" (Ibr 13:4)

Ibrani 13:4 Hendaklah
kamu semua penuh hormat terhadap
perkawinan dan janganlah kamu
mencemarkan tempat tidur,
sebab orang-orang sundal dan pezinah akan
dihakimi Allah.

Orang Kristen boleh dan bahkan seharusnya menikmati
kasih romantis di dalam ikatan pernikahan.

(2) Banyak penafsir pada masa lampau telah
menganggap kitab ini terutama
atau khususnya sebagai kiasan
bersifat nubuat yang melukiskan hubungan
kasih di antara Allah dengan Israel, atau
di antara Kristus dengan gereja, mempelai-Nya.

Karena PB tidak pernah memandang Kidung Agung
dengan cara demikian,
bahkan sama sekali tidak mengutipnya,
maka penafsiran ini sangat
diragukan. Alkitab tidak pernah menunjukkan bahwa
aspek apa pun dalam
pernikahan Salomo dimaksudkan oleh Tuhan sebagai
"lambang" Kristus. Akan tetapi, karena beberapa nas
penting PB melukiskan kasih Kristus
bagi gereja dengan memakai hubungan pernikahan
(mis. 2Kor 11:2;

~2Korintus 11:2 Sebab
aku cemburu kepada kamu dengan cemburu ilahi.
Karena aku telah
mempertunangkan kamu kepada satu laki-laki
untuk membawa kamu sebagai
perawan suci kepada Kristus.

Ef 5:22-33;

~
5:22Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
5:23karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
5:24Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
5:25Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
5:26untuk menguduskannya, sesudah Ia menyucikannya dengan memandikannya dengan air dan firman,
5:27supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
5:28Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.
5:29Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,
5:30karena kita adalah anggota tubuh-Nya.
5:31Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
5:32Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.
5:33Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.
Wahyu 19:7-9;

~
19:7Marilah kita bersukacita dan bersorak-sorai, dan memuliakan Dia! Karena hari perkawinan Anak Domba telah tiba, dan pengantin-Nya telah siap sedia.
19:8Dan kepadanya dikaruniakan supaya memakai kain lenan halus yang berkilau-kilauan dan yang putih bersih!" (Lenan halus itu adalah perbuatan-perbuatan yang benar dari orang-orang kudus.)
19:9Lalu ia berkata kepadaku: "Tuliskanlah: Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba." Katanya lagi kepadaku: "Perkataan ini adalah benar, perkataan-perkataan dari Allah."

Wahyu 21:1-2,9*),

~
21:1Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi.
21:2Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:9 Maka
datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang
memegang ketujuh cawan,
yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu,
lalu ia berkata
kepadaku, katanya:
"Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu
pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."


kitab ini dapat dipandang sebagai
melukiskan kualitas kasih yang ada di antara
Kristus dan mempelai-Nya, yaitu gereja.
Kasih itu merupakan kasih yang ekslusif,
penuh pengabdian dan sangat pribadi sehingga
tidak memberi peluang
untuk bercumbu dengan pihak yang lain.


~So, di sini tidak ada kena mengena dengan
PEMBERITAHUAN TENTANG MUHAMMAD..

~Kidung agung
5:16 Kata-katanya
manis semata-mata, segala sesuatu padanya menarik.
Demikianlah kekasihku,
demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem.

~Saudara islam,mengatakan bahwa ayat "Yang Terpuji"
itu sama erti nya dengan "Muhammad"
Tapi "Yang Terpuji" itu bukan menjerumus kepada MUHAMMAD!
tapi kepada Kekasih si pensyair..

~Jika memang ada tertulis nya MUHAMMAD
dalam ALKITAB sudah tentu,pernyataan tentang nya
akan tertulis lebih banyak lagi dalam Alkitab,
tapi di sini jelas2
MUHAMMAD LANGSUNG TIDAK DITULIS..


~Tuhan Membrkati saudara/i dan semoga
diberikan hidayah dalam mencari kebenaran.

Jumpa di artikel yg lain..


0 Responses to "Benar kah ada disebut MUHAMMAD dalam ALKITAB?":